Kamis, 15 Maret 2012

Hiasan Lucu dengan Kain FLANEL


ABSTRAK
Tidak dengan modal yang banyak tapi hanya menyisipkan sedikit uang saku untuk melakukan usaha seperti ini. Banyak yang suka dengan HP berarti kita akan mendapatkan untung yang lebih banyak. Dan banyak sekali hiasan yang dapat kita buat dari kain fanel ini. Ada lagi untuk membuat tempat tisue, dompet, gantungan kunci, boneka yang imut- imut, dan perlengkapan untuk cewe; bros, bando, jepit rambut, dll.
Kita dapat melakukan kerja dan usaha ini apabila kita mempunyai tekad yang tinggi, keuleatan, kesabaran, pantang menyerah untuk berbisnis dan bahwa  kita akan berhasil.
Peluang yang sangat banyak untuk mendapatkan uang tidak dari modal yang besar tapi dengan kreativitas dan keamuan. Ada niat dan juga mau belajar samapi tercapai.

LATAR BELAKANG
Di zaman yang modern ini telah banyak menggunakan tekhnologi komunikasi yang sangat mudah di gunakan, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa menggunakannnya. Nah, dari banyaknya orang yang menggunakan berbagai bentuk HP, kita dapat menggunakan kesempatan ini sebagai peluang bisnis yang sangat bagus. Selagi masih ada kesempatan kita jangan takut untuk bersaing dengan penjual yang telah lama berjualan. Membuat kantong HP dari kain flanel, gantungan kunci, hiasan dinding, tempat foto, tempat tisue, dari di sekitar kampus dan dekat pasar akan menghasilkan banyak uang, sebagai mahasiswa pasti banyak kenalan yang dapat membantu omset pemasukan kita. Untuk hasilnya jangan menginginkan terlalu banyak untung, tapi dikit saja kita ambil untung tapi kita laku terjual lebih banyak dulu. Dari untung yang sedikit lama – lama juga akan dapatkan untung yang lebih. Dan akan meanambah peluang bisnis untuk kita.

TUJUAN
1.      Penulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan
2.       dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan tentang bisnis dan usaha
yang kecil namun mempunyai penghasilan yang besar.  
3.      Secara terperinci tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah :                                     1. Melengkapi tugas kampus                                                                                            
 2. Memberikan contoh peluang usaha yang bermodal kecil namun dapat menghasilkan lebih.  
3. Memberikan informasi bagaimana cara memulai usaha membuata kantong HP & gantungan HP yang lucu –lucu dan menarik. Tidak hanya gantungan HP tapi juga berbagai bentuk hiasan yang dapat kita buat dengan kreasi tangan kita. 




Alat dan Bahan :

Dalam pembuatan pernak-pernik dari kain flanel tentu saja harus menggunakan alat dan bahan. Alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah didapat, seperti :

1. Kain flanel dengan ukuran sesuai selera
2. Gunting kain
3. Benang woll
4. Lem ( jika diperlukan)
5. resleting (jika diperlukan)
6. Dakron
7. ring gantungan (jika diperlukan)

Alat dan bahan tersebut dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan motiv yang diinginkan. Bentuk bentuknya juga bervariasi seperti bentuk buah-buahan, kepala binatang dan dengan berbagai fungsi seperti untuk gantungan, tempat HP, tempat pensil, tatakan gelas, pembatas buku, dompet koin dan lain-lain.
 Ini contoh gambar yang dapat kita buat dari kain flanel :



Kisaran Harga untuk Souvenir Kain Flanel
Pernak-pernik dari kain flannel ini tersedia dengan berbagai ukuran dan harganyapun bervariatif, di sesuaikan dengan ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. berbagai macam aksesoris flanel seperti dompet koin, gantungan kunci, dll. Semua kerajinan dikerjakan dengan jahit tangan (hand made).

Sebagai sample harga sebagai berikut :

ü  Dompet Koin Strawberry Rp. 8.000,- (ukuran 11 x 11 cm)
ü  Dompet Koin Aneka Binatang Rp. 6.000,- (ukuran rata-rata 10 x 10 cm) Kecuali Dompet Koin Sapi Rp. 7.000,-
ü  Kantong HP Rp. 10.000,- (ukuran 10 x 20 cm)
ü  Gantungan Kunci/HP Rp. 5.000,- (ukuran 5 x 5 cm) tergantung motiv juga ukurannya
ü  Magnet Binatang Rp 5.000,- (ukuran 5 x 5 cm)
ü  Pembatas Buku Rp.3.000,- (ukuran 3,5 x 14 cm)
ü  Tatakan Gelas Rp. 2500,- (ukuran 7 x 7 cm)
ü  Aneka Gantungan/Magnet Huruf Rp. 2.000,- (ukuran 5 x 5 cm)



Dan sebagai sample, ini salah satu langkah dasar kreasi kain flannel :

v  Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti: kain flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna.
v   Buatlah pola kreasi yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).
v   Gunakanlah kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan kain flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.
v   Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau berilah sedikit lem.
v  Gunakanlah benang sulam untuk menjahit kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna kain flanel.
v  Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran kain flanel, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.

STRATEGI PEMASARAN

Sasaran usaha kain flanel ini membidik kaum remaja putri sebagai sasaran penjualan. Karena remaja putri lebih tertarik pada pernak-pernik yang lucu dan menggemaskan. Selain itu di masa sekarang ini pengguna internet lebih banyak dari kalangan remaja. Strategi pasar yang akan dimiliki adalah melalui internet dengan mengunakan blog untuk memasarkan produk. Tampilan dari blog yang dimiliki didesain sedemikian rupa agar pengunjung tidak bosan. Usaha ini menggunakan cara pemesanan yang mudah sehingga konsumen merasa nyaman dan tidak repot. Mengapa memilih lewat internet? Karena menurut kami lebih efektif dan efisien, maksudnya strategi pemasaran online melalui internet membuat usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam dan dapat diakses dari seluruh dunia selama terhubung dengan koneksi internet. Produk dari flanel dibuat hand made agar menjaga kualitas dari produk itu sendiri, dan dibuat dengan desain yang menarik sehingga disukai konsumen.

1. Strategi Pemasaran Dengan Optimasi Blog
Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN dll sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diinginkan atau dikenal dengan istilah SEO (Search Engine optimization). Umumnya pengguna hanya akan mengklik link yang teratas dari hasil pencariannya atau setidaknya link yang ada pada halaman pertama saja. Supaya blog Hiasan LUCU ini bisa tampil di halaman depan, optimasi terhadap blog perlu dilakukan agar strategi pemasaran berhasil.


2. Memanfaatkan Jaringan Sosial
Jaringan sosial atau salah satu yang sudah dikenal seperti Facebook, Friendster,Twitter dan media sejenisnya dapat dimanfaatkan dalam strategi pemasaran. Saat ini Facebook dan Twitter sedang marak dimanfaatkan untuk promosi.

3.Forum atau Komunitas
Forum atau tempat diskusi lainnya menjadi media yang efektif sebagai alat promosi bisnis secara online .Dengan memanfaatkan tool signature yang diberikan oleh pemilik forum dengan link menuju blog Hiasan LUCU .

4.Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis
Banyak sekali iklan gratis di internet yang artinya anda tidak perlu mengeluarkan
biaya untuk mengiklankan usaha Hiasan LUCU, hanya perlu registrasi dan menuliskan iklan.

5. Memasang Banner di Situs Lain
Pemasangan banner di situs yang memiliki banyak pengunjung tentu bisa menarik banyak pengguna internet untuk berkunjung ke situs Hiasan LUCU. Pertukaran banner dengan situs sejenis juga dapat membantu optimasi blog.

6. Pemasangan Backlink Di Web Lain
Pemasangan backlink Hiasan LUCU dalam bentuk teks ataupun gambar. Dalam bentuk gambar dapat berupa banner.

7. Meminta Review Produk
Review atau Meminta opini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang sedang ramai. Hiasan LUCU meminta review dari pemilik blog lain utuk di tampilkan di blog mereka.

 Kesimpulan :


1. Kita dapat memulai usaha tidak hanya dengan biaya yang besar dan cara yang rumit, tetapi hanya dengan kreativitas yang perlu ditingkatkan dapat menghasilkan peluang bisnis yang menguntungkan.

2. Dalam menjalankan bisnis yang membutuhkan kreativitas, harus lebih ditingkatkan pada keunikan sehingga barang yang dihasilkan memiliki daya tarik tersendiri.


Referensi

http:// faqihbox.blogspot.com/2009/12/faqihs-blog-karya ilmiah-aneka macam kreasi dari kain fanel merambah
http://flanel-imut.blogspot.com/p/analisa-swot.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar